Seiring dengan rencana pemerintah yang akan membangun 100 buah technopark di berbagai daerah, Bandung Techno Park (BTP) menerima kunjungan delegasi Kementrian Kelautan antara lain DR. Moch. Nurhudah (Kepala Bidang Program, Monitoring dan Evaluasi) dan Mochammad Farkan, A.Pi,S.E,M.Si dari Training Center for Marine and Fisheries, dalam rangka studi banding tentang apa itu techno park, pada hari Kamis 18 Desember 2014.

Delegasi diterima oleh Jangkung Raharjo selaku Direktur BTP didampingi oleh Iwan Iwut Tritoasmoro, GM Business Innovation BTP.

Pada kesempatan tersebut Jangkung memaparkan beberapa slide terkait Bandung Techno Park dan Science Technology Park (STP) secara umum. Jangkung mengingatkan bahwa STP minimal harus memainkan 3 peran utama yaitu 1. Melaksanakan R&D (bahkan di BTP sudah bertransformasi dari R&D menjadi R&BD), 2. menumbuhkan dan mengembangkan start up company, 3. Adanya industrial cluster atau menarik industri ke dalam kawasan, sehingga ekosistem inovasi benar-benar bisa terwujud dengan aktor utama Quadruple Helix (ABGC – Academic, Business, Government dan Community).

Kementrian kelautan1_featuredimage

Jangkung merasa sangat menyesalkan apabila ada yang menyatakan bahwa Science Park itu di level propinsi dan Techno Park di level Kabupaten/Kota, atau STP itu sekedar Balai Latihan Kerja, atau Kawasan yang ada akses wifi sudah dapat disebut Techno Park. Tentu itu informasi yang menyesastkan.

Untuk itu Kementrian Ristek Dikti menggandeng BTP dan Solo Techno Park menyusun buku panduan baku Pengembangan Science & Technology Park. Yang memberikan gambaran lengkap tentang STP.

Pada kesempatan tersebut Iwan Iwut menjelaskan sejarah berdirinya BTP hingga kini yang telah menghasilkan banyak produk inovasi yang telah dimanfaatkan masyarakat. Iwan juga membagi pengalamannya dalam menumbuhkan start up dan spin off yang telah dihasilkan.

Diskusi diakhiri dengan berkunjung ke fasilitas BTP serta melihat proses pembuatan prototipe dari berbagai inovasi yang dikembangkan BTP.

Kementrian Kelautan2_featuredimageSMAN-1-Way-Tenong-Lambar_5featuredimage