counter free hit invisible
X

Biodigester : Pemanfaatan Sampah Organik

Presdir Lembang Asri Hotel beserta tim melihat Biodigester yang dikembangkan Bandung Techno Park

Presdir Lembang Asri Hotel beserta tim melihat Biodigester yang dikembangkan Bandung Techno Park

Biodigester : Pemanfaatan Sampah Organik

Biodigester adalah suatu sistem yang mempercepat pembusukan bahan organik. Darinya terbentuk biogas dan senyawa-senyawa lain yang dihasilkan melalui pembusukan anaerob. Biogas tersebut dapat digunakan untuk bahan bakar memasak, memanaskan, pembangkit listrik, juga menjalankan mesin. Dengan kebermanfaatan tersebut, biodigester kini menjadi salah satu alternatif terbaik untuk memanfaatkan dan mengurangi jumlah sampah. Sebuah solusi yang tidak hanya mengurangi sampah tapi juga menghasilkan green energy yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Bekerja sama dengan dosen dari Telkom University, Bapak Dr.Ir. Rosad Ma’ali El Hadi, M.Pd., M.T., Bandung Techno Park turut mengembangkan biodigester. Ujicoba di lakukan di kawasan Telkom University dan biogas yang dihasilkannya digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak di Kantin kampus dengan kompor khusus yang juga di kembangkan oleh Bapak Rosad Pengembangan ini pada akhirnya mengundang perhatian pihak lain.

Biodigester : Pemanfaatan Sampah Organik

Salah satu network Bandung Techno Park yaitu Lembang Asri Resort tertarik dengan teknologi yang tengah di kembangkan tersebut. Presiden Direktur dari Lembang Asri, Bapak A. Nandy Kusdradjat, S.E beserta tim mengunjungi Bandung Techno Park pada tanggal 11 April 2016 untuk melihat Biodigester yang di kembangkan di kawasan Telkom University. Kunjungan tersebut di dampingi oleh tim Business Acceleration dari Bandung Techno Park dengan Bapak Rosad sebagai pengembang.

Sebagai Hotel dengan vegetasi yang cukup tinggi, Lembang Asri ingin memanfaatkan biodigester untuk mengolah sampah organik mereka menjadi energi yang lebih bermanfaat. Tersedianya sampah organik ini tentu tidak hanya dapat dimanfaatkan biogasnya saja, tetapi juga dimanfaatkan untuk pembuatan kompos serta pupuk cair. Melalui pemanfaatan ini, lingkungan akan menjadi self-sustainable, yang artinya apa yang dihasilkan dari sampah organik vegetasi dapat digunakan juga sebagai pupuk untuk penanaman kembali atau memberi nutrisi pada vegetasi yang sudah ada. Dengan demikian penggunaan alat tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kerusakan lingkungan dari penumpukan sampah serta berkontribusi dalam penghijauan dan penghematan energi.

Kompor menggunakan bahan bakar biogas hasil Biodigester

Kompor menggunakan bahan bakar biogas

 

Tags:

About the Author

The Author has not yet added any info about himself
Mel Blount Jersey   Case Keenum Authentic Jersey