Mahasiswa Telkom University menyelenggarakan event IEEE Day 2014 pada tangal 7 Oktober 2014 bertempat di Ruang Multimedia Learning Center lantai 2 Telkom University. Hadir sebagai pembicara pada salah satu sesi, Jangkung Raharjo, Direktur Bandung Techno Park membawakan topik “Perlunya Riset Berkelanjutan dan Inkubasi Teknologi”.

ieee

Pada kesempatan tersebut, Jangkung memaparkan perlunya pohon penelitian agar riset dapat dilaksanakan secara terstruktur, sistematis dan berkelanjutan. Jangkung tidak berbicara tentang riset terapan atau riset dasar, karena keduanya sama pentingnya. Dia menyampaikan kalau universitas dalam melaksanakan riset bersifat “long term” dan lebih condong kepada riset dasar yang outcome nya berupa jurnal international, sedangkan kalau industri sifatnya “short term” dan cenderung ke pengembangan produk dan outcome nya Paten.

Jangkung juga memaparkan kaitan antara riset berkelanjutan dengan peningkatan daya saing, dan memaparkan contoh Taiwan, bagaimana dalam mengawal riset berkelanjutan yang kini memiliki industri semi konduktor terbesar di dunia.

“Agar riset secara berkelanjutan dan inkubasi teknologi dapat berjalan sebagaimana mestinya, diperlukan adanya rencana dan kebijakan jangka panjang pengembangan riset (Pohon Penelitian); Penyediaan lingkungan yang kondusif bagi berlangsungnya kegiatan riset, pengembangan, dan bisnis teknologi yang berkelanjutan; Link yang kuat antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah”, tambah dia sebagai penutup paparannya.