Pendaftaran KI

Submit Proposal I-Gracias untuk KEKAYAAN INTELEKTUAL – HAK CIPTA 2019

Salah satu pegusul atau pencipta yang akan submit proposal KI hak cipta harus merupakan Dosen tetap Telkom University ber-NIDN.

Pencipta melalui akun I-Gracias nya menginput proposal KI dengan cara seperti berikut:

menu PPM–> Acara–> Penelitian, Publikasi, dan Abdimas–>pada tab Tipe pilih HKI–> KEKAYAAN INTELEKTUALHAK CIPTA 2019 pada aksi pilih ikon submit proposal.

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL KI

1. Pada kolom PENGUSUL diisi oleh data pemilik akun lengkap hingga kode pos , alamat sesuai dengan KTP lengkap sesuai format yang tertera dan submit foto KTP .

2. Pada kolom JENIS CIPTAAN pada drop down klik dan pilih jenis hak cipta sesuai dengan ciptaan yang akan didaftarkan. pada drop down sudah jelas tercantum jenis- jenis hak cipta. (Tambahan untuk program aplikasi atau website dapat memilih jenis Karya Lainnya ( Program Komputer ).

3. Pada Kolom Judul Ciptaan dapat dituliskan langsung judul saja tanpa perlu di tambahkan jenis ciptaannya.

4. Pada Kolom URAIAN SINGKAT CIPTAAN yang diisi adalah deskripsi dari ciptaan.

5. Pada kolom anggota pengusul 1 sampai aggota pengusul 9 diisi dengan data anggota pencipta sesuai dengan jumlah tim selebihnya dapat dikosongkan dengan cara pengisian yang sama dengan point 1. note : jumlah maksimal pencipta pada satu ciptaan yang akan didaftrakan hak ciptanya adalah 10 orang termasul pengusul utama pada kolom pengusul.

6. Pada Kolom KTP PENGUSUL KI dan Seluruh ANGGOTA PENGUSUL KI (dalam satu file Ms Word) disumbit semua Ktp pencipta yang telah disusun dalam satu hal word.

7. Pada kolom Surat Pernyataan Internal disubmit scan surat pernyataan yang telah ditanda tangani oleh semua pencipta dan salah satunya diatas materai 6000 dalam bentuk pdf

8. Pada kolom Pembiayaan Pendaftaran KI pilih salah satu pada drop down dan pada Kolom Pembiayaan Pendaftaran KI lain-lain dapat dikosongkan diisi jika tidak ada pilihan pada drop down.

Berkas Pendaftaran KI :

DOWNLOAD KELENGKAPAN BERKAS HAK CIPTA

DOWNLOAD (Kelengkapan berkas administrasi Pendaftaran Hak Cipta melalui klinik HKI (PPM) Universitas Telkom)

Submit Proposal I-Gracias untuk KEKAYAAN INTELEKTUAL – PATEN 2019

Salah satu pegusul atau inventor yang akan submit proposal KI Paten harus merupakan Dosen tetap Telkom University ber-NIDN.

Inventor melalui akun I-Gracias nya menginput proposal KI dengan cara seperti berikut:

menu PPM–> Acara–> Penelitian, Publikasi, dan Abdimas–>pada tab Tipe pilih HKI–> KEKAYAAN INTELEKTUAL – PATEN 2019 pada aksi pilih ikon submit proposal.

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL KI

  1. Pada kolom PENGUSUL diisi oleh data pemilik akun lengkap hingga kode pos , alamat sesuai dengan KTP lengkap sesuai format yang tertera dan submit foto KTP .
  2. Pada kolom JENIS PATEN pada drop down klik dan pilih jenis paten sesuai dengan inevsi yang akan didaftarkan. pada drop down sudah jelas tercantum jenis- jenis paten.
  3. Pada Kolom Judul PATEN (TIDAK BOLEH menyebutkan MEREK dari INVENSI melainkan FUNGSI PRODUK / PROSES INVENSI TERSEBUT) .
  4. Pada Kolom ABSTRAK (MAKSIMUM 200 KATA) yang diisi adalah ABSTRAK sesuai dengan isi draft paten.
  5. Pada Kolom ABSTRAK (File Pdf) diupload file abstark saja yang ada di draft paten max 5 Mb dalam format .Pdf
  6. Pada Kolom Jumlah Klaim ……. buah (MAKSIMAL 10 KLAIM) seperti yang sudah disebutkan maksimal 10 buah jadi yang diisikan hanya jumlah klaim contoh 1, 2, 3,dst.
  7. Pada Kolom KLAIM (File Pdf) diupload file Klaim saja yang ada di draft paten max 5 Mb dalam format .Pdf
  8. Pada Kolom Jumlah Halaman (DARI DESKRIPSI, KLAIM SAMPAI DENGAN ABSTRAK) isikan total jumlah halaman dari draft paten dalam angka.
  9. Pada Kolom DESKRIPSI (File Pdf) di upload satu file deskripsi pada draft paten max 5 Mb dalam format .Pdf
  10. Pada Kolom Gambar untuk di PUBLIKASI (FILE JPG) – terkait PATEN PROSES hanya DIAGRAM ALUR-nya saja. Gambar yang dimaksud pada kolom ini adalah salah satu gambar yang mewakili paten yang akan di tampilkan di seluruh media publikasi DJKI. Sifatnya tidak wajib jika paten tidak memuat gambar.
  11. Pada kolom KESELURUHAN GAMBAR (FILE PDF) – terkait PATEN PROSES hanya DIAGRAM ALUR-nya saja hanya jika terdapat gambar.
  12. Pada Kolom DRAFT PATEN (FILE WORD / DOC / DOCX) diupload seluruh file draft paten yaitu File GABUNGAN DESKRIPSI, KLAIM, ABSTRAK, dan GAMBAR (Jika ada Gambar) .
  13. Pada kolom Anggota Pengusul Paten 1 sampai Anggota Pengusul Paten 9 diisi dengan data anggota inventor sesuai dengan jumlah tim selebihnya dapat dikosongkan dengan cara pengisian yang sama dengan point 1. note : jumlah maksimal inventor pada satu invensi yang akan didaftrakan patennya adalah 10 orang termasuk pengusul utama pada kolom pengusul.
  14. Pada Kolom KTP PENGUSUL KI dan Seluruh ANGGOTA PENGUSUL PATEN (dalam satu file Ms Word) disumbit semua Ktp inventor yang telah disusun dalam satu halaman word.
  15. Pada kolom SURAT PERNYATAAN INTERNAL disubmit scan surat pernyataan yang telah ditanda tangani oleh semua pencipta dan salah satunya diatas materai 6000 dalam bentuk pdf.
  16. Pada kolom Pembiayaan Pendaftaran KI pilih salah satu pada drop down dan pada Kolom Pembiayaan Pendaftaran KI lain-lain dapat dikosongkan diisi jika tidak ada pilihan pada drop down.

Submit Proposal I-Gracias untuk KEKAYAAN INTELEKTUAL – MEREK 2019

Salah satu pegusul atau pembuat merek yang akan submit proposal KI merek harus merupakan Dosen tetap Telkom University ber-NIDN.

Pembuat Merek melalui akun I-Gracias nya menginput proposal KI dengan cara seperti berikut:

menu PPM–> Acara–> Penelitian, Publikasi, dan Abdimas–>pada tab Tipe pilih HKI–> KEKAYAAN INTELEKTUAL – MEREK 2019 pada aksi pilih ikon submit proposal.

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL KI

1.Pada kolom PENGUSUL diisi oleh data pemilik akun lengkap hingga kode pos , alamat sesuai dengan KTP lengkap sesuai format yang tertera dan submit foto KTP .

2.Pada kolom JENIS PERMOHONAN MEREK pada drop down klik dan pilih jenis MEREK sesuai dengan MEREK yang akan didaftarkan apakah Produk atau Jasa.

3.Pada kolom JENIS MEREK pada drop down klik dan pilih jenis MEREK sesuai dengan bentuk MEREK yang akan didaftarkan yaitu Merek Kata + Lukisan / Logo, Merek Lukisan / Logo, Suara ( Jingle ), Merek 3 Dimensi.

4.Pada Kolom NAMA MEREK dapat dituliskan langsung judul merek yang akan didaftarkan.

5.Pada Kolom URAIAN SINGKAT ( TRANSLASI ) MEREK yang diisi adalah deskripsi dari merek.

6.Pada Kolom TRANSLITERASI MEREK diisikan (Jika menggunakan Penulisan Huruf Bahasa Asing, contoh : Huruf Cina, Huruf Arab, Huruf Korea, Huruf Tagalog, dll) yang terdapat pada merek yang akan didaftarkan.

7.Pada Kolom WARNA MEREK (contoh : Merah, Hitam, Abu-abu, dll) diisikan dengan semua warna-warna yang terdapat dalam merek dengan nama dasar warna (contoh : Merah, Hitam, Abu-abu, dll) bukan kode warna atau pantonenya.

8.Pada Kolom MEREK / LOGO (Lampiran) di upload gambar merek yang akan didaftarkan maksimal 5 MB dengan format file .jpg .Jika ada yang high resolution-nya dikirimkan ke email klinikhki@telkomuniversity.ac.id

9.Pada kolom ANGGOTA Pengusul Merek (1) sampai ANGGOTA Pengusul Merek (9) diisi dengan data anggota pencipta sesuai dengan jumlah tim selebihnya dapat dikosongkan dengan cara pengisian yang sama dengan point 1. note : jumlah maksimal pengusul merek yang akan didaftrakan adalah 10 orang termasuk Pengusul pada kolom pertama.

10.Pada kolom Surat Pernyataan Internal disubmit scan surat pernyataan yang telah ditanda tangani oleh semua pengusul merek dimana salah satu pengusul merek tanda tangan diatas materai 6000 dalam bentuk .pdf

11.Pada kolom Pembiayaan Pendaftaran KI pilih salah satu pada drop down dan pada Kolom Pembiayaan Pendaftaran KI lain-lain dapat dikosongkan diisi jika tidak ada pilihan pada drop down.

Submit Proposal I-Gracias untuk KEKAYAAN INTELEKTUAL – DESAIN INDUSTRI 2019

Salah satu pegusul atau pendesain yang akan submit proposal KI Desain Industri harus merupakan Dosen tetap Telkom University ber-NIDN.

Pendesain melalui akun I-Gracias nya menginput proposal KI dengan cara seperti berikut:

menu PPM–> Acara–> Penelitian, Publikasi, dan Abdimas–>pada tab Tipe pilih HKI–> KEKAYAAN INTELEKTUAL – DESAIN INDUSTRI 2019 pada aksi pilih ikon submit proposal.

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL KI

  1. Pada kolom PENGUSUL diisi oleh data pemilik akun lengkap hingga kode pos , alamat sesuai dengan KTP lengkap sesuai format yang tertera dan submit foto KTP .
  2. Pada kolom KLAIM dapat dipilih sesuai dengan klaim yang tertera pada lembar uraian.
  3. Pada Kolom Judul diidikan sesuai dengan keterangan pada kolom JUDUL DESAIN (TIDAK BOLEH MEREK, dan HANYA menyebutkan FUNGSI Benda / Produk), contoh : KURSI TAMAN, BOLA BASKET, MEJA BUNDAR,…
  4. Pada Kolom KEGUNAAN isikan kegunaan dari produk yang didesain secara singkat dan jelas.
  5. Pada kolom GAMBAR terdapat 6 TAMPAK yaitu GAMBAR 1 : TAMPAK DEPAN – (Produk 3D WAJIB mengisi SELURUH TAMPAK, Produk 2D HANYA DUA TAMPAK SAJA), GAMBAR 2 : TAMPAK BELAKANG, GAMBAR 3 : TAMPAK SAMPING KANAN, GAMBAR 4 : TAMPAK SAMPING KIRI, GAMBAR 5 : TAMPAK ATAS, dan GAMBAR 3 : TAMPAK PRESPEKTIF semua diisinkan dengan satu file dengan jenis .JPG.
  6. Pada kolom ANGGOTA PENGUSUL DI 1 ANGGOTA PENGUSUL DI 9 diisi dengan data anggota pendesain sesuai dengan jumlah tim selebihnya dapat dikosongkan. Cara pengisian sama dengan point 1. note : jumlah maksimal pendesain pada satu desain yang akan didaftrakan desain industrinya adalah 10 orang termasuk pengusul utama pada kolom pengusul.
  7. Pada Kolom KTP PENGUSUL KI dan Seluruh ANGGOTA PENGUSUL KI (dalam satu file Ms Word) disumbit semua KTP pendesain yang telah disusun dalam satu hal word.
  8. Pada kolom Surat Pernyataan Internal disubmit scan surat pernyataan yang telah ditanda tangani oleh semua pendesain dan salah satunya diatas materai 6000 dalam format. pdf.
  9. Pada kolom Pembiayaan Pendaftaran KI pilih salah satu pada drop down dan pada Kolom Pembiayaan Pendaftaran KI lain-lain dapat dikosongkan diisi jika tidak ada pilihan pada drop down.

Berkas Berkas Pendaftaran KI

Pendaftaran Hak Cipta
Pendaftaran Desain Industri
Pendaftaran Merek
Pendaftaran Paten
Template Drafting Paten

Keterangan :

  • Pengusul : Dosen Tetap ber NIDN (perorangan) / Tim Dosen (minimal 1 Dosen Tetap ber NIDN) dan Mahasiswa
  • Batal Daftar : Catatan Pembatalan Terdapat Pada Usulan Pendaftaran (I-Gracias)