Bandung Techno Park menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Presiden RI Joko Widodo dalam rangkaian lawatanya ke sejumlah tempat di Bandung, 12 Januari 2015. Presiden RI Joko Widodo hadir dengan didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, Menristek dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta sejumlah rombongan lainya, meninjau kawasan “Silicon Valey” nya Bandung. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ke BTP disambut oleh Direktur Bandung Techno Park Jangkung Raharjo, Direktur Utama PT Telkom Alex J. Sinaga, Ketua Telkom Foundation Dwi Sasongko Purnomo, dan Rektor Tel-U Mochamad Ashari dan sejumlah staf dan karyawan Telkom Group.

 

presidenblusukan_featuredimagepresidenblusukan6_featuredimage

Foto 1.Direktur Bandung Techno Park menjelaskan masterplan BTP kepada Presiden RI Joko Widodo

Foto 2.Direktur Bandung techno Park Memaparkan produk-produk hasil riset BTP yang siap dikomersialisasikan

presidenblusukan7_featuredimage

Presiden Joko Widodo meninjau incenerator/alat penghancur sampah yang ramah lingkungan

Presiden Jokowi bersama rombongan mengapresiasi sejumlah produk hasil inovasi BTP, serta mendengarkan paparan singkat dari Direktur BTP Jangkung Raharjo terkait pengembangann kawasan dan produk-produk inovatif yang telah dan siap komersil.  Salah satu produk inovasi yang menarik perhatian presiden Jokowi adalah incenerator yaitu mesin pengolahan sampah berbahan bakar solar dan air dengan zero polusi.Dalam keterangan persnya Jokowi menilai Bandng Techno Park sebagai salah satu techno park terbaik di Indonesia khususnya dibidang ICT dan Jokowi memberikan pesan khusus untuk BTP agar terus berinovasi untuk rakyat dan bangsa.

presidenblusukan2_featuredimagepresidenblusukan8_featuredimage

Bagi direktur Bandung Techno Park Jangkung Raharjo kehadiran presiden Jokowi ke Bandung Techno Park merupakan wujud dukungan dan apresiasi dari kerja keras yang telah dilakukan BTP selama ini, selain tentu saja kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut menyuntikan energi baru bagi jajaran pimpinan dan staf di BTP dan kawasan Bandung Technoplex  untuk terus berinovasi mengembangkan produk-produk riset yang  mampu menjawab dan mengatasi sejumlah permasalahan dinegeri ini.

presidenblusukan5_featuredimage

Lebih jauh Jangkung Raharjo menjelaskan bahwa yayasan Pendidikan Telkom yang dibentuk oleh PT. Telkom, mempunyai satu institusi pendidikan yaitu Telkom University dan sebuah Techno park yaitu Bandung Techno Park yang pada awalnya diinisiasi oleh ITTelkom, namun agar Bandung Techno Park lebih terakselerasi maka pada tahun 2011 Bandung Techno Park spin off dari kampus ITTelkom dengan sejarah singkat sebagai berikut :

2007 : Inisiasi oleh Kementrian Perindustrian, Disperindag Jabar dan ITTelkom dalam mengembangakan UPT TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

2009 : Inisiasi oleh Kementrian Perindustrian, Disperindag Jabar dan ITTelkom dalam mengembangakan Pusat Disain Telekomunikasi (PDT)

2009 : Mengembangkan Inkubator Bisnis

2010 : Pencanangan Pembangunan Bandung Techno Park yang merupakan gabungan dari UPT TIK, PDT dan Inkubator Bisnis,

2011 : Spin off dari ITTelkom dan dinaungi langsung oleh Yayasan Pendidikan Telkom

2014 : Menyempurnakan blue print Bandung Techno Park sebagai kawasan inovasi bidang ICT dan Energi.

Adapun Road Map Bandung Techno Park 2014-2019 adalah sebagai berikut :

2014 – 2015 : Sebagai Tahap Perkuatan Fondasi yang memiliki sasaran Umum : “Terciptanya Fondasi Yang Kuat Bagi Bandung Techno Park”

2016 – 2017 : Sebagai Tahap Akselerasi yang memiliki sasaran Umum : “Terbangunnya Ekosistem Inovasi di Kawasan Bandung Techno Park”

2018– 2019 : Sebagai Tahap Penguatan Peran yang memiliki sasaran Umum : “Bandung Techno Park Berperan Penting Dalam Pengembangan Ekonomi Kawasan”

pembentukan Bandung Techno Park adalah untuk :

  1. Menghasilkan produk inovasi berbasis teknologi dan berkelanjutan,
  2. Melahirkan dan mengembangkan start up berbasis teknologi;
  3. Komersialisasi Sesuai dengan tujuan Techno Park secara umum adalah untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi khususnya daerah, maka tujuan hasil riset

untuk itu kinerja yang diukur dari Bandung Techno Park antara lain : Riset yang berkelanjutan; Jumlah Inovasi/produk inovasi; Jumlah Start up company & Spin off; dan ke depan seiring dengan peran Techno Park tersebut maka juga diukur jumlah tenaga kerja yang diserap dan volume transaksi seluruh kawasan.