counter free hit invisible
X

Seminar IT Offshoring – A Challenge for Indonesia

Seminar IT offshoring - A Challenge for Indonesia

Seminar IT offshoring – A Challenge for Indonesia

 

BANDUNG TECHNO PARK, BANDUNG – Berpacu dengan waktu dan terus berusaha menjawab tantangan global perihal pengembangan ICT Indonesia yang mendunia telah memberikan energi lebih bagi BTP untuk terus memperluas dan memperkuat jejaring komunitas ICT secara global. Terkait dengan hal tersebut pada 01 July 2013 Bandung Techno Park mengadakan acara Seminar IT Offshoring – A Challenge for INDONESIA. Acara ini terselenggara berkat kerjasama BTP dengan Kedutaan Besar Indonesia di  Belgium, Luxembourg dan uni Eropa dan  Kementrian Perindustrian RI serta didukung oleh Asosiasi Indonesia Global IT (Indoglobit) dan Cebith.

Berawal dari ide sederhana yang dicetuskan oleh 6 perusahaan dan penggiat  IT di Indonesia setelah melihat kenyataan bahwa ternyata  Indonesia, hanya berada pada peringkat 62 sebagai kota tujuan IT Outsorcing. Sebagai langkah awal 6 perusahaan tersebut bersepakat untuk membentuk asosiasi Indonesian Global IT (Indoglobit) sebagai langkah awal untuk mempromosikan kemampuan IT Indonesia untuk masuk ke pasar global. Keenam perusahaan tersebut diantaranya PT Abyor International, PT Masvent Technosoft, PT Gamatechno Indonesia, PT Bataviasoft Indonesia, PT Jogja Global Technology dan Bandung Techno Park. Asosiasi Indoglobit percaya bahwa sebenarnya kemampuan IT Indonesia tidak kalah secara teknis dibandingkan dengan kemampuan IT negara-negara yang sudah merajai pasar IT Outsourcing. Yang kurang hanyalah masalah promosi dan keberanian perusahaan IT Indonesia untuk bertarung di pasar global.

 

registrasi peserta seminar IT offshoring

registrasi peserta seminar IT offshoring

 

Acara Seminar IT Offshoring diselenggarakan di Bandung Techno Park dengan diikuti oleh  lebih dari 100 peserta yang berasal dari kalangan akademisi, Industri, penggiat IT di tanah air dan pemerintah. Tujuan acara ini adalah untuk membuka wawasan bahwa Indonesia memilki peluang yang besar untuk digarap oleh pelaku bisnis IT Indonesia, dimana mencapai lebih dari USD 200 milyar. Acara langsung dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Belgia dan Uni Eropa, Bapak Havas Oegroseno. Keynote speech pembuka dari Kementrian Peridustrian  yang membahas mengapa Indonesia harus mengambil peran dalam pasar IT outsourcing global. Dilanjutkan dengan launching dari indoglobit disertai dengan penandatanganan MoU antara Bandung Techno Park dengan LP3I.

 

launching indoglobit

launching indoglobit

 

launching indoglobit

launching indoglobit

 

penandatanganan MOU antara Bandung Techno Park dengan LP3I

penandatanganan MOU antara Bandung Techno Park dengan LP3I

 

Acara yang berlangsung seharian penuh ini,dibagi menjadi 3 sesi. Pada sesi pertama tampil sebagai moderator  Budi Raharjo Phd, dengan pembicara  Onno W. Purbo, Ron van Domburg dari Netherland, Jan-Hendrik Tiedje selaku Project  Director   CeBIT (Germany), serta Ridwan Kamil selaku pemenang pada pemilihan Walikota Bandung Perode 2013-2018. Onno W. Purbo, selaku tokoh pelaku IT memaparkan mengenai perkembangan IT di Indonesia saat ini dan bagaimana prospek IT di Indonesia kedepannya.

 

Mr Jan-Hendrik Tiedje, Ron van Domburg, Onno W. Purbo, Budi Raharjo (dari kiri ke kanan)

Mr Jan-Hendrik Tiedje, Ron van Domburg, Onno W. Purbo, Budi Raharjo (dari kiri ke kanan)

 

Sementara itu dua pembicara dari Belanda dan Jerman  berbagi pengalaman mengenai dinamika IT Offshoring di Eropa khususnya Belanda dan Germany. Pada kesempatan tersebut Jan-Hendrik Tiedje, Project Manager CeBIT, Jerman,berbagi pengalaman bagaimana  CeBIT bekerjasama dengan negara-negara yang tengah aktif mendorong industrinya untuk masuk ke pasar global, seperti Turki, Brazil, dan Polandia.

 

Mr Jan-Hendrik Tiedje, Ron van Domburg (dari kiri ke kanan)

Mr Jan-Hendrik Tiedje, Ron van Domburg (dari kiri ke kanan)

 

Pada sesi  II tampil sebagai pembicara Ferizal Ramli, C. Triharso, Jangkung Raharjo, dan Mustapa Wangsaatmaja. Direktur Bandung Techno Park, Jangkung Raharjo, memaparkan peran dari lembaga inkubasi bisnis dalam memfasilitasi perkembangan industri IT agar lebih siap bertarung di pasar global. Ferizal Ramli dan Muler Manalu dari IASI (Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia – Jerman) berbagi pengalaman mengenai dinamika pasar IT di Jerman.

 

Ferizal Ramli, Jangkung Raharjo, C. Triharso, Agus Ahmad (dari kiri ke kanan)

Ferizal Ramli, Jangkung Raharjo, C. Triharso, Agus Ahmad (dari kiri ke kanan)

 

Jangkung Raharjo, C. Triharso, Mustapa Wangsaatmadja, Agus Ahmad (dari kiri ke kanan)

Jangkung Raharjo, C. Triharso, Mustapa Wangsaatmadja, Agus Ahmad (dari kiri ke kanan)

 

Pada sesi III dengan moderator Moh. Aditya, ditemani oleh Muller Manalu, Hari Tjahjono, dan Sinta Rismayani. Sinta Rismayani selaku perwakilan pemerintah yaitu Atase Perindustrian di Kedutaan Besar Belgia dan Uni Eropa,menegaskan bahwa pihaknya  telah berkomitmen dan akan terus mengambil peran penting untuk memaksimalkan dukungan pemerintah dalam mendorong industri IT di tanah air  memasuki pasar global. Misalnya saja dalam 2 tahun berturut-turut intitusi yang menaunginya telah membawa perusahaan IT di Indonesia untuk mengikuti Pameran IT terbesar di dunia yaitu CeBIT, di Hanover, Jerman. Jumlah dari perusahaan yang mengikuti pameran tersebut akan ditingkatkan pertahunnya. Inilah langkah penting yang perlu dilakukan agar perusahaan di tanah air bisa memasuki kancah global.

 

Sinta Rismayani, Hari Tjahjono, Muller Manalu, Moh. Aditya (dari kiri ke kanan)

Sinta Rismayani, Hari Tjahjono, Muller Manalu, Moh. Aditya (dari kiri ke kanan)

 

Sementara itu,pada penghujung acara Ketua umum asosiasi indoglobit, Hari Tjahjono, memaparkan program-program yang akan dilaksanakan oleh Indoglobit untuk membantu perusahaan-perusahaan tanah air memasuki pasar global. “Asosiasi Indoglobit memiliki cita-cita untuk membuat Indonesia memasuki peringkat 10 besar negara tujuan IT outsourcing pada tahun 2025. Untuk itu untuk merealisasikannya Indoglobit akan berkerjasama dengan berbagai pihak serta memaksimalkan dukungan pemerintah dan peran seluruh asosiasi IT yang ada di tanah air” demikian papar Hari Tjahyono menutup diskusi pada sesi tiga  acara seminar IT offshoring a challenge for Indonesia.

 

Tags:

About the Author

The Author has not yet added any info about himself
Mel Blount Jersey   Case Keenum Authentic Jersey