counter free hit invisible
X

Workshop Pengelola Science Techno Park Kaltara

Sebagai salah satu langkah  mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk mengelola Science Techno Park  (STP)  Kalimantan Utara (Kaltara) Pada tanggal 14-16 September 2016  Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) bekerjasama dengan Bandung Techno Park  menggelar Workshop Pengembangan Business Model Dan Program kerja Kaltara Science Park.

Hadir sebagai peserta workshop tersbut yaitu pengelola tim taskforce Kaltara Science Park yang merupakan representasi dari Pemda, UBT, dan UKM. Acara berlangsung  dengan baik. Para pesera yang notabene calon pengelola STP Kaltara terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang telah di susun BTP selaku fasilitator  penyelenggara workshop.

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh calon pengelola SP Kaltara mampu memahami dengan baik peran dan fungsi masing-masing sesuai dengen jobdesknya, serta  penguasaan tools pengembangan model bisnis SP Kaltara, peserta juga mampu mengeksplorasi model bisnis SP Kaltara. Selain itu peserta worshop juga diharapkan mampu mengembangan SOTK SP Kaltara serta dapat menyusunan Model Inkubator serta menyusunan Proses Bisnis SP Kaltara yang pada akhirnya akan ditungakan dalam Grand Dsign SP Kaltara.

Sebagai kegiatan lanjutan dari workshop ini  BTP sebagai fasilitator sekaligus tim pendamping untuk mengawal keberlanjutan STP Kalatara pada tanggal 6-7 Oktober mereview  grand design STP Kaltara yang telah disusun tim taskforce setelah mengikuti workshop di BTP. Dari rangkaian kegiatan ini diharpakan SP Kaltara berhasil menjelama menjadai salah satu scien park yang akan menopang keberlangsungan perekonomian masyarakat lokal. Selaras dengan tujuan utama pembentukan SP Kaltara untuk pemerataan perkekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara mandiri dengan mengelola sumber daya alamnya dengan baik sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.

Sebagaimana kita ketahui bersama Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan 100 Science Techno Park di Indonesia termasuk salah satunya adalah di Provinsi Kalimantan Utara. SP Kaltara sendiri rencananya akan dibangun di kota Tarakan, Kalimantan Utara.

 

 

Tags:

About the Author

The Author has not yet added any info about himself